Program Studi Bahasa & Kebudayaan Arab UAI Menjadi Tuan Rumah Rapat Kerja Nasional Asosiasi 2019 Program Studi & Sastra Arab se-Indonesia


Wednesday, 10 July 2019 09:00

Jakarta - Sebagai upaya menjalankan amanah yang diberikan oleh Ketua Umum Asoiasi Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (AP-BSA) Dr. Fadlil Munawwar Manshur, M.S kepada Prodi. Bahasa dan Kebudayaan Arab, FIB UAI untuk menjadi tuan rumah dalam agenda Rakernas AP-BSA 2019, ini juga salah satu kegiatan strategis bagi kami untuk mewujudkan sinergitas antara sesama prodi sejenis di tingkat nasional.

 

Kegiatan sesi demi sesi rangkaian rakernas dan lokakarya ini dilaksanakan sesuai arahan jajaran pengurus AP-BSA yaitu rabu-jum’at, 26-28 Juni 2019, bertempat di gedung CIMB Niaga lantai.2 Universitas Al-Azhar Indonesia dan menginap di Wisma tamu Pondok Pesantren Darunnjah Jakarta Selatan. Peserta yang hadir terdiri dari jajaran pengurus AP-BSA, perwakilan dari dosen prodi bahasa dan sastra Arab universitas-universitas di Indonesia seperti Universitas Al-Azhar Indonesia, UGM, UI, UNPAD, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UNS, IAIN Surakarta, USU, IAIN Majene, UMI, Universitas Kebangsaan Bandung, IAIN Tulungagung, IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan lain-lain,  dengan jumlah total peserta adalah 34 orang.

 

 

Rangkaian tema yang disusun untuk acara rakernas dan lokakarya ini merupakan tema-tema kebutuhan inti ke-prodi-an, seperti pembahasan tentang dokumen kurikulum baik untuk jenjang S1 dan S2, wawasan kesiapan jurnal bahasa Arab, arah baru peneliian bidang bahasa sastra dan budaya Arab, dan sosialisasi 9 butir baru boring akreditasi. Narasumber yang terlibat dalam rangkaian acara ini terdiri dari dosen-dosen yang memiliki rumpun ilmu yang sama sesuai nama AP-BSA dan terdiri dari dosen pakar yang berada dalam naungan Kementrian Agama dan kemenristek Dikti, diantaranya adalah : Dr. Yusring Sanusi Baso dari UNHAS dan tim dosen dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta seperti Dr. Muhbib, Dr. M. Adib Misbachul, I, danDr. Moch. Syarif Hidayatullah.

 

Kegitan ini menghasilkan sebuah rekomendasi yang dibacakan oleh pengurus AP-BSA dihadapan hadirin saat rangkaian penutupan dilakukan, untuk kemudian ditindaklanjuti sebagai bagian dari butir-butir usulan pengajuan tentang kebijakan tertentu yang terkait dengan program studi bahasa dan sastra Arab di universitas-universitas; baik di lingkungan kemenristek Dikti ataupun Kementrian Agama RI.